Efektivtias Pembelajaran Ipa (Fisika) Secara Daring Melalui Model Open Ended Learning Ditengah Wabah Covid-19 Dalam Membekalkan Keterampilan Berpikir Kritis

  • Fatimah Fatimah Stkip Bima
  • Sri Maryani
  • M Satriawan Fisika - STKIP Bima
Keywords: Pembelajaran Dimasa Covid-19, Model Open Ended Learning, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  efektivitas  pembelajaran IPA (fisika) secara daring selama wabah covid-19 menggunakan model open ended learning dalam membekalkan keterampilan berpikir kritis siswa. Objek penelitian adalah 22 siswa kelas VIII pada salah satu SMPN di KOTA BIMA. Tehnik pengumpulan data menggunakan 6 soal uraian diberikan sebelum tindakan dan sesudah tindakan untuk melihat keterampilan berpikir kritis siswa. Nilai pretest sebelum tindakan diperoleh 2,67,sedangkan nilai postest setelah diberikan tindakan diperoleh 4,53 Untuk melihat efektivitas pembelajaran IPA (Fisika) secara daring dengan membagikan angket, hasil responden siswa nilai rata-rata dari analisis angket sebesar 1,5081. Data dianalisis menggunakan N-Gain temuan dalam penelitian ini adalah secara klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 95% yang menunjukan bahwa model open ended learning memiliki efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang R.I 2003 Tentang pendidikan

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran . Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajarng

Noer, S.H. dan Pentatito Gunowibowo. 2018. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. JPPM. Vol. 1. No. 2

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.54 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Noer Sri Hastuti, Gunowibowo.P. 2018. Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM Vol. 11 No. 2

Pane dan darwis dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran: FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol. 03 No. 2

Putri Oktariya H. 2019 pengaruh model open ended terhadap kemampuan berfikir kritis pada materi pokok optic siswa kelas XI man 1 lampung utara. Skripsi (http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7294)

In Hi Abdullah (2013). Berpikir kritis matemati. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Vol. 2, No. 1,

Maharani Pengembangan Soal Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Gerak Manusia Di Sma. and Meilinda,dkk.(2021) Undergraduate thesis, Sriwijaya University. https://repository.unsri.ac.id/51509/

Published
2021-11-28
How to Cite
Fatimah, F., Maryani, S., & Satriawan, M. (2021). Efektivtias Pembelajaran Ipa (Fisika) Secara Daring Melalui Model Open Ended Learning Ditengah Wabah Covid-19 Dalam Membekalkan Keterampilan Berpikir Kritis. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(2), 28 - 31. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.677