Pengembangan Asessment Alternatif Dalam Pembelajaran Fisika SMAN

  • Rosmiati Rosmiati Fisika - STKIP Bima
  • Puspa Dewi Fisika - STKIP Bima
  • Lis Suswati Fisika - STKIP Bima
Keywords: Pembelajaran Fisika Materi GLBB, Portfolio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk perangkat dan menghitung penilaian portofoli. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dukumentasi. Hasil penelitian berupa perangkat portofolio materi GLBB yang terdiri dari kisi-kisi penilaian portofolio materi pembelajaran GLBB, instrumen penilaian portofolio materi GLBB, kisi-kisi dan soal portfolio, lembar kegiatan portofolio, rubrik penilaian portofolio materi GLBB, instrumen penilain lembar kegiatan portofolio. Analisis hasil kelayakan produk berdasarkan uji validitas ahli yaitu dengan aspek isi, kebahasan dan penyajian nilai rata-rata 3 dengan presentasi 75% dengan kriteria layak digunakan. Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reabilitas, hasil validitas sebesar 3,2 sedangkan hasil reabilitas sebesar 0,7 dengan kategori cukup. Untuk mengetahui hasil efektifitas pembelajaran siswa  terhadap perangkat penilaian portofolio siswa diberikan soal pretes dan posttes dengan kelas eksperimen memperoleh hasil posttes 91 dan preetest 75 kemudian kelas kontrol memperoleh hasil preetest 73,88, posttes 84. Data yang diperoleh dianalisis dngan mengunakan uji n–gain. Hasil uji n-gain memperoleh nilai untuk kelas kontrol   yang tinggi 15 dan yang rendah  5 sedangkan hasil uji eksperimen yang tinggi 6 dan yang sedang 16. Angket siswa dan guru hasil angket siswa memperoleh nilai presentasi 85% dan respon guru 53%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-26
How to Cite
Rosmiati, R., Dewi, P., & Suswati, L. (2021). Pengembangan Asessment Alternatif Dalam Pembelajaran Fisika SMAN. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(2), 18 - 22. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.664