Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor

  • Yus'iran Yus'iran
  • Buraidah Buraidah Fisika - STKIP Bima
  • Lis Suswati Fisika - STKIP Bima
Keywords: Model Pembelajaran POE, Pemahaman Konsep

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas XI di SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen). Pada penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group desain, Tes dilakukan diawal pembelajaran (pret test) dan diberikan juga pada akhir pembelajaran (post test). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu uji t dengan menggunakan SPSS 21. Hal ini terbukti pada SMA bahwa hasil pengujian secara statistik terhadap hasil belajar siswa masing-masing kelas dengan menggunakan hitungan statistik separated varians, menunjukkan pemahaman konsep memiliki pengaruh  pada taraf signifikasi 5%. menggunakan rumus Separated Varians, diperoleh, thitung = 1,65 pada taraf signifikasi 5%. Karena    thitung ttabel  (1,65 ≤ 1,68) maka H0 ditolak dan Ha diterima  yang berarti bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Langgudu Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan total skor responden siswa sebanyak 745 dan rata-rata 28,7 untuk kelas eksperimen dengan respon sangat setuju (SS) dan kelas kontrol dengan total skor responden siswa sebanyak 617 dan rata-rata 23,7 dengan respon setuju (S)

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Wayan, Hera. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Predict-Observe Explain pada Materi Laju Reaksi dalam Meningkatkan Ketrampilan Memprediksi. Bandarlampung: FKIP Unila
[2] Yupani E, Garminah & Putrini. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantu Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
[3] Nur’aini. 2014. Pengembangan Instrumen Tes TTCI (Thermal And transport Concept Inventory) berbasis Representasi Grafik dengan CRI (Certainty Of Response Index) untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Hhtp://digilib.uin.suka.ac.id. Diakses 10 September 2017
[4] Syahrul, D. A., W. Setyarsih. 2015. Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepesi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol 04 (03): 67- 70.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.ph p/inovasi-pendidikanfisika/article/view/13305
[5] Yolanda. 2015Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Ilir Barat Palembang Pada Materi Suhu dan Kalor dengan Instrumen TTCI dan CRI. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2): 338-353
[6] Hasanah Meliyana, Ida Kaniawati, “ Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Untuk mengurangi Miskonsepsi siswa Pada Materi Suhu dan Kalor”. Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 21 November 2015
Published
2021-11-26
How to Cite
Yus’iran, Y., Buraidah, B., & Suswati, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Suhu Dan Kalor. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(2), 6 - 9. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.662