Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS dan LOTS Materi Gerak Lurus di SMPN20 Kota Bengkulu

  • Esy Puspita Sari UIN FATMAWATI SOEKARNO BENGKULU
  • Lastari Lastari UINFAS Bengkulu
  • Reza Ayunani UINFAS Bengkulu
  • Ahmad Walid UINFAS Bengkulu
Keywords: Analisis, Berfikir Kritis, HOTS, Kemampuan Siswa, LOTS.

Abstract

This study aims to determine the ability of students to solve HOTS (Higher Order Thinking Skills) and LOTS (Low Order Thinking Skills) questions at SMPN 20 Bengkulu City. This type of research is a quantitative descriptive research. Methods This research uses research methods with quantitative approaches and technical data analysis using descriptive statistics. The data collection instrument used in this study was a test of students' problem solving abilities. The research subjects were 30 students from class VIII. Based on the results of data processing research results obtained 46.66% of students who are able to solve HOTS C4 questions and 3.3% of students who are able to solve HOTS C5 questions, and 50.04% of students who are able to solve LOTS questions. From the data above, it can be concluded that the average ability of students in solving straight motion problems is still low or in the LOTS stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. Hidayat and A. Kosasih, “Analisis peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah serta implikasinya dalam pembelajaran pai di sekolah,” Muróbbî J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 45–69, 2019.

Y. M. Heong, W. B. Othman, J. B. M. Yunos, T. T. Kiong, R. Bin Hassan, and M. M. B. Mohamad, “The level of marzano higher order thinking skills among technical education students,” Int. J. Soc. Sci. Humanit., vol. 1, no. 2, p. 121, 2011.

E. Rofiah, N. S. Aminah, and E. Y. Ekawati, “Penyusunan Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP,” J. Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, 2013.

H. Saputra, Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan hots (high order thinking skills). Smile’s, 2016.

U. Munandar, “Kreatifitas pengembangan anak berbakat,” Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

S. K. NISA, “Analisis dan Pengembangan Soal High Order Thinking Skills (HOTS) Mata Pelajaran Fisika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA),” Inov. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, 2018.

D. Kurniati, R. Harimukti, and N. A. Jamil, “Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 142–155, Nov. 2016, doi: 10.21831/pep.v20i2.8058.

L. Yuliantaningrum and T. Sunarti, “Pengembangan Instrumen Soal Hots Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Dan Pemecahan Masalah Materi Gerak Lurus Pada Peserta Didik SMA,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 9, no. 2, 2020.

E. Afriani, H. S. Tiur Maria, and E. Oktavianty Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak, “PENGEMBANGAN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN UNTUK SMA.”

A. Fisher, “Berpikir kritis sebuah pengantar,” Jakarta: Erlangga, vol. 4, 2009.

“Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Quizizz Pada Materi Usaha Dan Energi.” [Online]. Available: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/index.

R. Novela, S. Yulia Sari, Y. Darvina, J. Fisika, and F. Universitas Negeri Padang Keterangan Pembimbing, “ANALISIS VALIDASI LKS BERORIENTASI HOTS DALAM MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GERAK LURUS, GERAK PARABOLA DAN GERAK MELINGKAR,” 2019.

E. Afriani and E. Oktavianty, “Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (Hots) Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan Untuk Sma,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 3, 2019.

N. Sudjana, “Penilaian hasil belajar mengajar,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

E. Istiyono, D. Mardapi, and S. Suparno, “Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (pysthots) peserta didik SMA,” J. Penelit. dan Eval. Pendidik., vol. 18, no. 1, pp. 1–12, 2014.

F. E. Rosidah, “Pengembangan Tes Literasi Sains Pada Materi Kalor Di Sma Negeri 5 Surabaya,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 3, 2017.

R. Priyadi, A. Mustajab, M. Z. Tatsar, and S. Kusairi, “Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X MIPA dalam pembelajaran fisika,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 6, no. 1, pp. 53–55, 2018.

L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, “Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen,” yogyakarta: pustaka pelajar, vol. 300, no. 300, p. 0, 2010.

W. Sanjaya, “Penelitian Pendidikan jenis, metode dan prosedur,” Jakarta: Kencana, 2013.

S. M. Brookhart, How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD, 2010.

Published
2021-11-26
How to Cite
Sari, E., Lastari, L., Ayunani, R., & Walid, A. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS dan LOTS Materi Gerak Lurus di SMPN20 Kota Bengkulu. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(2), 1 - 5. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.632