Pengembangan Media Animasi Dengan Aplikasi Makromedia Flash Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa

  • Baiq Azmi Sukroyanti IKIP Mataram
Keywords: Media animasi, Macromedia flash, sikap ilmiah

Abstract

Pengembangan media pembelajaran sangatlah  penting guna mendukung proses belajar mengajar dikelas, selain mempengaruhi hasil belajar dapat juga mempengaruhi sikap ilmiah, Sikap ilmiah difokuskan pada terbuka, kritis, teliti, rasa ingin tahu, tekun, jujur, tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan  Media Animasi Dengan  Aplikasi Makromedia Flash Pada Materi getaran (2) Mengetahui peningkatkan sikap ilmiah dengan  media animasi yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan research n development (R&D). Produk media media animasi pembelajaran fisika pokok bahasan getaran yang telah dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan perangkat lunak komputer macromediaflash termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media oleh validator 1 skor 3.4 dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil validasi ahli materi oleh validator 2 sebesar 3.3 dengan kategori sangat baik dan hasil perolehan skor rata-rata dari keseluruhan siswa/responden terhadap media animasi pembelajaran fisika yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat setuju. Dari 20 siswa/responden 5 siswa merespon dengan kategori setuju dan 15 siswa merespon dengan kategori sangat setuju. Dengan demikian media animasi pembelajaran fisika pokok bahasan getaran yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media animasi pembelajaran. Pengembangan media animasi Dengan Aplikasi Makromedia Flash dapat menungkatkan sikap ilmiah siswa dengan kategori sangat baik pada 7 aspek yakni : terbuka, kritis, teliti, rasa ingin tahu, tekun, jujur, tanggung jawab.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-30
How to Cite
Sukroyanti, B. (2019). Pengembangan Media Animasi Dengan Aplikasi Makromedia Flash Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 2(2), 5 - 8. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.237