PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Iwan Setiawan1 , Fahruddin2 , Muhammad Subhan3

  • Iwan Setiawan Pendidikan Fisika
Keywords: Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ambalawi tahun ajaran 2018/2019 dengan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan menggunakan desain Control Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar dan untuk menganalisis data menggunakan uji hipotesis dan uji N-gain.Hasil analisis data menunjukkan bahwa diperoleh uji hipotesis (Uji-t independent) t hitung = 8,560 dibandingkan  t tabel = 1,998. Kriteria pengujian Ha diterima karena t hitung > t tabel . Uji N-gain menunjukkan bahwa  dari 33 orang jumlah keseluruhan siswa mendapatkan pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe think pair share kategori tinggi yaitu sebesar 45,45 % atau 15 orang siswa, kemudian sebesar 30,30 % atau 10 orang siswa mendapatkan pengaruh kategori sedang, dan  sebesar 24,24 % atau 8 orang siswa mendapatkan penagruh kategori rendah. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ambalawi tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-02
How to Cite
Setiawan, I. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 1(.2), 1 - 5. https://doi.org/10.33627/ge.v1i.2.23
Section
Articles