PENGARUH PENDEKATAN SPIKK PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

  • Fatimah Fatimah Stkip Bima
Keywords: Pendekatan SPIKK dan Prestasi Belajar

Abstract

Pembelajaran IPA khususnya fisika, memerlukan suatu cara pembelajaran siswa yang dapat mengatasi semua hambatan tersebut. Cara pembelajaran yang di maksud adalah cara pembelajaran siswa yang menekankan pada gagasan konsep fisika melalui cara berpikir kritis dan kreatif yang harus dilakukan oleh siswa, serta meningkatkan keberanian dan kemampuan siswa bertanya, menjawab, berdiskusi dan bereksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan SPIKK pada pembelajaran fisika terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VII semester I di MTs NW Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang mencari hubungan sebab akibat antara dua faktor dengan maksud untuk melihat akibat suatu perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bawa, hasil pre test pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,7, mengalami peningkatan pada post test yaitu dengan rata-rata 77,0. Sedangkan pada kelas kontrol, hasil pre test diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,5 dan pada post test yaitu dengan rata-rata 67,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa ada pengaruh secara signifikan yang dibuktikan dengan hasil uji-t tes dimana  = 3,01 >  = 1,99 pada taraf kepercayaan 95%, maka perlakuan yang diterapkan yakni ada pengaruh pendekatan SPIKK terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VII semester I di MTs NW Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-29
How to Cite
Fatimah, F. (2019). PENGARUH PENDEKATAN SPIKK PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 2(1), 17 -19. https://doi.org/10.33627/ge.v2i1.210