Penggunaan Media Peraga Bandul Magnetik Pada Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII SMAN 5 Kota Bima

  • Bambang Setiawan SMA N 5 Kota Bima

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran berupa media peraga bandul magnetik yang diseting pada pembelajaran inquiry dengan harapan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Atas dasar tersebut maka dalam penelitian ini yang menjadi tujuannya adalah untuk mengetahui peranan penggunaan media alat peraga bandul magnetik pada model pembelajaran Inquiry sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Fisika Siswa, selain itu pula dalam penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media peraga bandul magnetik tersebut. Penelitian ini dibatasi pada materi Gaya Lorentz untuk pelajaran Fisika di Kelas XII pada SMAN 5 Kota Bima dengan model penelitian tindakan kelas. Target pencapaian peningkatan hasil belajar adalah 70% nilai ketuntasan klasikal dengan ketuntasan minimal 65. Pelaksanaan penelitian berlangsung dalam 2 (dua) siklus dengan perubahan hasil belajar yang bervariasi. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai 50 % nilai ketuntasan klasikalnya dengan rata-rata capaian 60,45, sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai 77,3 % nilai ketuntasan klasikalnya dengan rata-rata capaian 66,59. Selain itu dalam penelitian ini didapatkan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran sebesar 72,5 yang artinya memiliki respon yang sangat positif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media peraga bandul magnetik pada model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas XII SMAN 5 Kota Bima, dan siswa memiliki respon sangat positif terhadap proses pembelajaran yang dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-28
How to Cite
Setiawan, B. (2019). Penggunaan Media Peraga Bandul Magnetik Pada Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII SMAN 5 Kota Bima. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 2(1), 5 - 10. https://doi.org/10.33627/ge.v2i1.209