PENGARUH MODEL INQUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI SMA NEGERI 2 MADAPANGGA

  • Nur Wahidah SMA N 2 Madapangga
  • Andang 2 Pendidikan Matematika STKIP Bima
  • Lis Suswati Pendidikan Fisika - STKIP Bima
Keywords: Inquiri Terbimbing dan Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri 2 Madapangga kelas XI semester I. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Jenuh dengan mengambil 2 kelas. Sampelnya kelas XI IPA1  sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan XI IPAsebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes (pretest dan posttest) dan uji N-Gain. Hasil analisis dari uji N-Gain diperoleh untuk kelas kontrol adalah 0,44 sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 0,60. Hasil uji t yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung = 0,27 dibandingkan dengan ttabel = 1,9989 untuk taraf signifikansi 5% atau α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis pada penelitan ini t hitung < t tabel, maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh model inquiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri 2 Madapangga tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-28
How to Cite
Wahidah, N., 2A., & Suswati, L. (2019). PENGARUH MODEL INQUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA DI SMA NEGERI 2 MADAPANGGA. GRAVITY EDU : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 2(1), 11 - 13. https://doi.org/10.33627/ge.v2i1.206