PROTOTYPE BENDA LANGIT SISWA TUNA NETRA DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN KONSEP MATERI TATA SURYA

Fitria Sarnita, Andi Eddy

  • Fitria Sarnita FS
  • Andi Eddy
Keywords: Prototype benda langit, Pemahaman konsep & Tata Surya

Abstract

Penelitian ini membuat dan mengembangkan Prototype benda langit yang layak bagi siswa tuna netra untuk memberikan pemahaman konsep materi tata surya. Jenis penelitian ini adalah pengembangan model 4-D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. dengan rancangan one group pretest-posttest design. Analisis signifikansi peningkatan pemahaman konsep tes dan respon siswa. Hasil penelitian: 1) validitas perangkat pembelajaran dengan hasil nilai validasi prototype sebesar 3,48 berkategori valid, Modul sebesar 3,07 berkategori valid, RPP sebesar 3.43 berkategori valid; 2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP sebesar 3,43 berkategori sangat baik dan nilai R sebesar 98,97., kendala pelaksanaan pembelajaran yang muncul adalah butuh waktu lama dan tenaga ekstra dalam membimbing dan mengarahkan siswa; 3) keefektifan perangkat pembelajaran, ditinjau dari peningkatan pemahaman konsep siswa dan respon siswa terhadap Prototype yang dikembangkan dan proses pembelajaran yang berlangsung, sebanyak 89,58 siswa memberikan respon positif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prototype benda langit dapat membentuk pemahaman konsep siswa Tuna Netra dnegan perbedaan hasil pree-test dengan post-test siswa . sehingga Prototype benda Langit dikatakan  layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-03
How to Cite
Sarnita, F., & Eddy, A. (2018). PROTOTYPE BENDA LANGIT SISWA TUNA NETRA DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN KONSEP MATERI TATA SURYA. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 1(.2), 25 - 28. https://doi.org/10.33627/ge.v1i.2.153
Section
Articles